Kamis, 19 Februari 2009

Mata Berita Indonesia

@andikey - Tulisan ini tentang keinginan penulis membangun suatu situs jejaring berita yang sumber informasi/beritanya langsung dari masyarakat pengguna/anggota dan situs tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur menarik bagi penggunanya.

Fenomena Situs-Situs Jejaring Sosial
Awal tahun 2009 ini, muncul fenomena menarik di Indonesia. Berbagai situs jejaring sosial laku keras dan menjadi ruang privat baru yang diminati banyak orang, khususnya situs Facebook. Saat ini sedang terjadi persaingan ketat antar situs jejaring sosial terjadi dalam bentuk kemasan visual dan fitur-fiturnya. Beberapa situs pun mulai ditinggalkan penggunanya dan akan benar-benar berkurang drastis peminatnya bila tidak segera memperbaharui tampilan maupun fiturnya. Sedangkan beberapa situs lainnya justru berkembang pesat dan mendapatkan pelanggan lebih banyak karena fitur yang lebih menarik.

Situs-situs jejaring sosial tersebut memberi ruang khusus yang bersifat privat kepada anggotanya, sehingga setiap anggota dapat memanfaatkan segala fitur yang ada dengan leluasa. Selain untuk membangun eksistensi diri, keikut sertaan masyarakat menjadi anggota situs jejaring sosial adalah untuk membangun relasi/hubungan serius/pertemanan yang lebih luas lagi. Suasana imajiner yang terbangun dalam situs jejaring sosial pun dibuat senyaman seperti di dunia nyata. Desain visual yang sederhana, menarik, dan mudah dipahami menjadi keunggulan yang dikejar oleh setiap situs sejenis.

Hal lain yang menjadi penarik massa adalah kemudahan setiap pengguna/anggota untuk berinteraksi dan berkomunikasi antar sesama anggota/pengguna situs yang sejauh ini difasilitasi dengan: kotak pesan, dinding pesan, dinding informasi kegiatan/peristiwa penting, ruang komentar antar pengguna, ruang chatting, ruang foto, ruang musik, ruang video, papan informasi (untuk mengatahui siapa saja yang sedang Online saat ini), dan lain sebagainya.

Semakin banyak dan mudah fitur-fitur yang dapat digunakan, maka semakin tinggi pula potensi bertambahnya pelanggan/pengguna baru situs tersebut, apalagi bila didukung dengan pemasaran yang maksimal di media massa pasti diserbu oleh pengguna baru. Di Indonesia sudah ada situs jejaring sosial yang laku dan banyak anggotanya, antara lain: FUPEI.

Berdasarkan pengamatan subyektif penulis terhadap fenomena tersebut di atas, penulis berangan-angan untuk membangun situs jejaring yang orientasi utamanya berbagi berita dan informasi antar sesama pengguna/anggota situs. Sayangnya, penulis bukanlah seorang Master IT yang paham membuat website sendiri, juga bukan orang yang mengerti bagaimana mengelola sebuah situs sehingga laku dan dapat banyak sponsor. Halaaaah... :-)

Memperjuangkan Cita-cita: Mata Berita Indonesia
Penulis punya keinginan besar, membuat situs jejaring berita masyarakat dengan nama: Mata Berita Indonesia/MBI (inginya terbit dengan: www.mataberita.com). Bayangan penulis situs ini menjadi ruang baru bagi setiap warga negara Indonesia khususnya untuk berbagi berita, informasi, ulasan peristiwa/kegiatan, dan lain sebagianya dalam bentuk tulisan, foto, maupun video.

Konsep dasarnya mengacu pada citizen journalism namun kemasan situsnya akan dibuat interaktif, komunikatif, dan atraktif. Berita utama hari ini yang tampil di MBI merupakan pilihan dan suntingan dari pengelola situs dan bagi mereka yang berita maupun iformasinya (tulisan, foto, video) akan mendapatkan bonus menarik dari MBI. Setiap anggota situs akan mendapatkan akun pribadi yang konten akunnya tidak jauh berbeda pada situs jejaring sosial yang sudah lebih dahulu ada. Setiap anggota dapat menwarkan berita dan informasi kepada pengelola situs untuk dinaikkan menjadi berita utama. Anggota juga dapat menawarkan usulan liputan, wawancara, informasi menarik kepada pengelola agar diterbitkan MBI kemudian.

Berita dan informasi yang diterbitkan MBI pada situsnya memang harus Up To date dan benar-benar bermanfaat bagi pengguna/anggota yang membacanya. Situs MBI juga akan memberikan paket hadiah menarik bagi setiap orang yang mendaftar menjadi anggota situs, minimal dapat: kaos, pin, dan buku panduan MBI.

Target maksimal MBI adalah menjadi ruang informasi alternatif bagi masyarakat yang menginginkan berita/informasi lain yang mungkin belum ada/terbit di situs berita lainnya. Selain itu, MBI juga berambisi agar berita/informasi yang diberikan/didapatkan mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Mata Berita Indonesia adalah cita-cita penulis yang ingin diwujudkan. Mungkin saja ide ini sudah tidak menarik lagi karena sudah banyak yang punya ide sejenis. Bagi penulis, siapapun yang lebih dahulu mewujudkan keinginannya yang memang satu visi dengan MBI, maka penulis akan mendukungnya sepenuh hati dan mengucapkan Alhamdulillah..Puji Syukur Kepada ALLAH SWT.

Tidak ada komentar: